Senin, 28 Maret 2011

Silabus dan RPP IPS Kelas IV SD

SILABUS

Mata Pelajaran
: ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)






Kelas / Semester
: IV / I







Standar Kompetensi
: Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi













KOMPETENSI
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI
SUMBER

DASAR

WAKTU
BELAJAR/

ALAT

Membaca peta
Membaca peta ling-
Membaca lambang/simbol peta lingkungan setempat
-
Membaca lambang/simbol dalam peta
-
Tulis
Kinerja
9 x 35 menit
Buku Erlangga IPS Asy’ari hal. 1 - 10

lingkungan setempat
kungan setempat
(kabupaten/kota, provinsi)

kabupaten/kota dan provinsi di lingku-
-
Produk/hasil
pert 1 - 3
Buku pendamping

 (kabupaten/kota
dengan mengguna-
Menjelaskan komponen peta

ngan tempat tinggalnya dengan meng-
-
Penugasan Portofolio
(3 minggu)
Peta / atlas

provinsi) dengan
kan skala sederhana
Menghitung jarak kota dalam peta dengan jarak sebenarnya

gunakan skala sederhana





menggunakan skala









sederhana

Memperbesar peta provinsi dengan menggunakan skala
 Menunjukkan tempat-tempat penting







sederhana

 di daerah tempat tinggalnya







Memperkecil peta provinsi dengan menggunakan skala
-
Menunjukkan tempat ibu kota daerah kabupaten/kota dan provinsi tempat









tinggalnya







Menugasi murid menunjukkan tempat-tempat penting
 -
Menggambar peta daerah tempat ti-







Menjelaskan arah mata angin pada peta

nggalnya dengan menggunakan skala sederhana

























Mendeskripsikan
Kenampakan alam
Menyebutkan macam-macam
-
Mengidentifikasi ciri-ciri
-
Kinerja
9 x 35 menit
Buku Erlangga IPS Asy’ari hal. 11 – 28

kenampakan alam
dan keragaman
Kenampakan alam

dan manfaat kenampakan
-
Produk/hasil
pert 4 - 6
Buku pendamping

di lingkungan
sosial budaya
Menyebutkan ciri-ciri kenampakan

alam serta ciri-ciri sosial
-
Penugasan
(3 minggu)
Peta / atlas

kabupaten/kota dan

Menjelaskan manfaat kenampakan

dan budaya di kabupaten





propinsi serta

alam di kabupaten/kota dan provinsi

/kota dan provinsi setempat





hubungannya dengan

Menjelaskan penyebab terjadinya

Mengidenrifikasi peristiwa





keragaman sosial

bencana alam di daerah setempat

(letusan gunung api,





budaya

Menyebutkan ciri-ciri terjadinya suatu

gempa, topan)







peristiwa alam

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar